3 jenis garansi elektronik yang harus di ketahui sebelum belanja elektronik


salam computer informatika pengunjung yang budiman pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputaran elektronik dengan topik 3 jenis garansi elektronik yang harus di ketahui, jika anda membeli sebuah peralatan elektronik pasti terdapat kartu garansi barang elektronik. kartu garans bertujuan untuk memberi jaminan kepada konsumen dalam proses pemakaian barang tersebut tentang kualitet barang tersebut. jadi jika sebuah produsen pembuat electronik memberi jaminan garansi 1 tahun dan jika ada pemakean belum sampai satu tahun barang tersebut rusak maka bisa di claim garansi. kepada produsen tersebut.

berbicara masalah garansi, itu ada bermacam-macam berdasarkan produsen yang mengedarkan barang tersebut, untuk lebih jelasnya admin akan memberikan contoh anda membeli notebook acer, kemudian baru satu bulan di pakek notebook terseut rusak anda bawa ke service senter notebook acer tidak diterima dikatakan ini bukan produk resmi acer. apa yang di bicarakan oleh service senter notebook acer benar karena memang notebook acer yang anda beli bukan produk pengeluaran garansi resmi acer, melainkan bisa jadi dari perusahaan lain, jadioleh sebab itu pihak acer tidak mau mengklaim garansi karena bukan pengeluaran barang yang d keluarkan oleh produsen acer walaupun sesama tipe acer.

baca juga : cara nonaktifkan update frimeware di ponsel android samsung

jadi anda jangan merasa heran karena yang mengeluarkan produk bukan hanya satu perusahaan ada yang memang resmi ada juga yang tidak resmi, apakah yang tidak resmi merupakan barang dengan kualitas yang tidak baik….! bukan seperti itu. barang yang tidak resmi bukan berarti barang tersebut tidak baik tetapi hanya beda produsen dan kualitas barangnya juga di tentukan oleh produsen tersebut. untuk lebih jelasnya mari kita kenali¬† 3 jenis garansi elektronik yang harus di ketahui.

  • dikenal sebagai garansi resmi

garansi yang pertama adalah garansi resmi indonesia, garansi resmi ini garansi yang terpercaya karena mengedarkan barang electronik dari perusahaan yang resmi. jadi kualitas barangnya pun kalau menurut saya sendiri tidak diragukan lagi, karena componen-componenya didalam juga resmi, dan garansi resmi ini mempunyai service senter yang telah ditentukan jadi contoh anda membeli produk ponsel samsung garansi resmi samsung. maka ponsel samsung anda jika terjadi kerusakan bisa di bawah ke service senter samsung dimanapun anda tinggal selama masih dalam satu negara. begitupun dengan produk lainya.

dan biasanya barang yang bergaransi resmi menduduki harga pasaran yang harganya lebih tinggi dari pada barang yang bukan garansi resmi, karena mereka menggunakan componen alat2 yang asli jadi maklum kalau harganya juga agak tinggi sesuai dengan kualitas. 

dan biasa juga barang electronik yang bergaransi resmi memberikan segel seperti matre pada salah satu baut/mur barang yang mereka edarkan, jika kita lihat dalam kondisi miring terkena cahaya sedikit maka didalamnya ada tulisan produsennya, contoh produk samsung maka segel baut/mur juga tertulis samsung bukan merek lain, tetapi hal tersebut bisa berubah-ubah tergantung pihak produsennya. jadi untuk membeli produk yang bergaransi resmi anda bisa mendatangi produsen tersebut atau mendatangi cabang resminya dan lebih baik lagi bertanya pada si penjual kalau barang ini garansi resmi atau bukan.

  • dikenal sebagai garansi distributor

garansi distributor, garansi distributor adalah sebuah garansi yang telah diberikan oleh sebuah perakit perusahaan yang ikut mengedarkan barang tersebut, jadi ini bukan merupakan garansi resmi tetapi bukan berarti barangnya tidak berkualitas. hanya berbeda garansi saja / berbeda perakit barang tersebut. kalau menurut pengalaman admin sendiri barang yang bergaransi distributor barangnya juga bagus tetapi masih bagus yang bergaransi resmi.

  • dikenal sebagai barang BM.
berbeda satu lagi dengan garansi BM, atau black market (pasar hitam) garansi ini biasa diklaim sebagai garansi TOKO, jadi kualitas juga tanyakan kepada yang punya toko. bisa bagus dan juga bisa tidak karena componen yang ada di dalam juga tergantung dari pemilik toko tersebut memberikan yang berkualitas atau tidak, dan biasanya garansi ini di jual dengan harga yang dibawah pasaran garansi resmi tetapi jangan terpancing harga murah karena kualitas belum tentu menjamin.

baca Juga : 5 cara untuk mengatasi masalah kurangnya memori internal pada ponsel android

jadi saran admin sebelum membeli barang tentukan dulu anda akan membeli barang yang bergaransi resmi atau bukan jika ingin membeli yang bergaransi resmi maka, maka belilah pada produsennya tau cabang yang telah terpercaya, dan jika di tempat anda tidak ada cabang yang terpercaya anda bisa menanyai yang punya toko. serta anda juga bisa memperkirakan harganya soalnya jika sama-sama bergaransi resmi maka harga tidak akan berbeda jauh, keculai kalau barang resmi sama Barang BM maka harga bisa berbeda jauh.



Source link

Leave a Comment