cara memperbaiki siaran parabola Di Satelite telkom 4 Trans TV, Trans 7, ANTV 2019


Salam komputer informatika

karena waktu sibuk ofline admin komputer informatika, maka admin komputer informatika jarang mengupdate seputaran masalah parabola jadi bagi para pengunjung mohon maaf dan mohon dimaklumi ya, pada kesempatan kali ini admin akan memposting masalah parabola yang berjudul cara memperbaiki siaran parabola Trans TV, Trans 7, ANTV 2019 Di Satelite telkom 4.

Walaupun agak terlambat dari sobat2 bloger lainya tapi admin akan mencoba mengupas kembali masalah ini karena admin tidak mau mengecewakan pengunjung setia  blog ini, sapa tau pengunjung blog setia komputer informatika  ada yang masih belum paham dengan masalah bergantinya satelite telkom 3S ke satelite elkom 4 maka bisa disimak pada pembahasan berikut.

Baca Juga :cara memperbaiki siaran MNCTV, GLOBAL TV, RCTI Gelap /hilang setiap malam

nah sekarang posisi telkom 3s sudah tidak difungsikan lagi atau istilah nya satelite telkom 1 sudah jadi dan berubah nama menjadi satelite telkom 4, jadi posisi setingan nyapun dan kedudukan parabola harus dirubah juga ya sobat, atau dikembalikan semula seperti setingan terdahulu, sebelum ada satelite telkom 3s. baru dilakukan proses tracking siaran. sebelum anda melakukan tracking parabola anda perhatikan yang setingan satelite pada receiver anda pastika sebagai berikut.

  1. tekan menu pada remote receiver anda 
  2. pilih pengaturan program
  3. pilih pengaturan antena lalu perhatikan pada setingan berikut lebih kususnya yang dilingkari kotak merah



  4. ubahlah menjadi setingan seperti ini kemudian SAVE pengaturan

setelah kalian selesai melakukan setting seperti diatas maka secara otomatis siaran parabola akan menghilang atau lost sinyal, tapi anda tidak perlu kuatir, karena hanya tinggal 1 langkah lagi yaitu  melakukan tracking seperti biasa. baca juga cara scan otomatis chanel siaran parabola di receiver matrix

NB : TRACKING SIARAN PARABOLA

  1. tetapkan satu siaran, contoh indosiar untuk mencari siaran palapa D
    .
  2. kemudian tekan Info pada remote
    .
  3. kemudian kita pointing dengan cara memiringkan para bola kesebelah barat sekitar jarak 1 cm secara perlahan2 sampai siaran parabola muncul.
    .
  4. setelah siaran indosiar muncul maksimal, kemudian coba anda sccaning siaran parabola. jika kedudukan LNB telah benar dan parabola masih bagus/belum bermasalah, maka secara otomatis siaran Trans TV, Trans 7, ANTV di telkom 4 juga akan ikut muncul.
    .
  5. jika belum muncul siaran di telkom 4 Trans TV, Trans 7, ANTV pindahkan saluran program disiaran TRANS TV kemudian tekan INFO pada remote dan gerakkan para bola secara perlahan sehingga keduanya satelite menepati kedudukan yang pas sesuai dengan garis kordinat satelite.

gimana sobat mudahkan? harusnya siaran parabola anda sudah terlock semua, setelah anda melakukan teknik diatas tetapi dari bebeberapa kasus ada yang berhasil dan ada juga yang belum berhasil kenapa ya bisa seperti itu?.terus letak salahnya dimana. Pasti bagi sobat semua bertanya seperti itu dalam dirinya..? dan akhirnya mengotak atik kesana kesini dan hasilnya sama juga!. atau setelah diotak atik ketika kita lock siaran satelite palapa, siaran satelite telkom 4 hilang begitupun sebaliknya, kemudian capek dan parabolanya dilemparin batu wkwkwk, selesai deh ganti baru, ( Becanda sobat)

lalu gimana sobat agar kita bisa mengatasi masalah yang ada dalam guyonan diatas tersebut..! masalah datas selain humoris, tapi juga sering terjadi dalam fakta nyantanya !  dalam hal tracking parabola sering sekali mendapat masalah2 yang aneh dan nyeleneh, serta unik diluar dugaan.

sebenernya tutorial yang diposting sobat blogger lainya tidak ada yang salah ya sobat! semuanya benar dan jika di aplikasikan pasti akan berhasil, tetapi terkadang di lapangan berbeda karena tutorial yang diberitahukan oleh sobat-sobat bloger lainya serta dari blog ini direkomendasikan/baik diaplikasikan untuk alat dan komponen parabola yang masih bagus, atau bahasa kasarnya masih normal semua, parabola lingkarnya masih simetris, jaring masih utuh dan gak benjol-benjol, serta komponen pendukung seperti switch, kabel receiver dan LNB masih normal semua minimal dengan kondisi 70 % dari kondisi baru.

Baca Juga memindahkan dan menghapus chanel program siaran parabola

yang sering mendapat masalah pada saat tracking dilapangan, adalah yang kondisinya komponen parabola turun dari 70% dari kondisi baru misalnya pemasangan LNB tidak benar, seperti parabola benjol-benjol, parabola banyak lumut /karat bagi pengguna parabola jaring, terkadang  jaring parabola berlubang atau bagian jaring-jaring parabola ada yang terlepas kita acuhkan saja, tanpa memperhatikan dan memperbaikinya, komponen pendukung seperti swict parabola dan receiver kedudukan LNB itu semua bisa membuat sinyal lemah.

Hal itu semua yang banyak menyebabkan masalah saat kita tracking parabola, sehingga parabola tidak bisa maksimal untuk menangkap siaran parabola bahkan lebih parahnya tidak bisa sincronasi antara siaran palapa dan telkom. contoh kalau kita turunkan kebawah siaran satelite palapa hilang dan telkom full, enak dilempar battu aja ya sobat parabola seperti ini atau timbang di penjual besi tua dan ganti baru (becanda yang ke 2 ya sobat ) begitupun sebaliknya. jika kalian mendapati masalah tersebut saat tracking coba lakukan tips dibawah ini:

  1. Pastikan tiang para bola tegak lurus gak miring kanan/miring kiri (makanya sangat disarankan pasang parabola menggunakan waterpaas atau minimal dilot tiangnya)
    .
  2. Pastikan Pemasangan LNB parabola dengan Benar, simetris sesuai dengan garis tegaknya dan gak miring agar lebih jelasnya pasang LNB parabola bisa baca Cara pasang LNB Parabola C Band, Ku Band, S Band yang baik dan benar.
    .
  3. Penting ya sobat perhatikan jaring parabola, jika ada yang benjol perbaiki, jika jaring berlumut/berkarat dibersihkan sebisa mungkin ya sobat, apalagi jika ada jaring yang terlepas pasang kembali dengan baik dan rapi
    .
  4. lakukan tracking pada salah satu Satelite, misalnya satelite PALAPA maksimalkan sinyalnya. dengan cara menggerakan parabola ketimur dan kebarat secara perlahan, setelah dapat kualitas signal maksimal langkah selanjutnya lakukan scaning pada receiver anda. gimana mudahkan diaplikasikan!!
    .
  5. jika masih ada masalah misalnya program parabola pada satelite palapa D  dapat semua dengan itensitas signal tinggi 60-70 %.  dan satelite telkom 4 tidak dapat sama sekali / macet2, maka langkah selanjutnya pindahkan siaran parabola ke siaran telkom 4 misalkan ANTV kemudian tekan info pada remote kontrol dan perhatikan intensitas signal, (biasanya itensitas signal pada siaran parabola, jika itensitas siaran program mencapai signal 27%, gambar dan suara sudah tidak tersendat sendat dalam siaran)
    .
  6. langkah selanjutnya coba perhatikan itensitas signal siaran antv mampu naik berapa persen jika tidak jauh dari 27% misalnya itensitas signal antv berada di 18-20 %  maka anda perlu menggerakan disk parabola anda ke timur atau kebarat atau selatan atau utara, sedikit saja palingan sekitar 1 cm /0,5 cm, sambil melihat intensitas signal pada layar tv anda jika semakin naik signalnya disitulah titik letak yang sesuai untuk parabola anda jika semakin turun maka kembalikan pada titik semula. gimana masih belum dapat juga dengan cara ini? oke lanjut ke metode selanjutnya

langkah selanjutnnya Kenali dulu ya sobat baut penyangga parabola biar gak salah paham antara baut penyangga untuk barat dan timur atau utara dan selatan, jika anda ingin menggerakan disk parabola kebarat dan timur maka kencangkan dan longgarkan  baut ini pada gambar no3

jika anda ingin memiringkan disk parabola keutara dan selatan maka kencangkan dan longgarkan baut ini

langkah selanjutnya : Nah sekarang metodenya adalah longgarkan fungsi baut penyangga yang tujuannya ke utara dan selatan kemudian gerakan sambil melihat intesitas signal pada siaran Telkom 4 (ANTV) yang masih bermasalah tersebut, dengan pergerakan kurang lebih sama 1 – 0.5 cm. (tergantung kondisi dan posisi) gimana sobat, mudahkan untuk diaplikasikan masih belum dapet lagi oke kita lanjut metode selanjutnya

metode selanjutnya adalah dengan cara menambahkan tiang bantuan kayu/ sejenisnya  pada disk parabola, hal itu dikarenakan, karena diameter parabola anda tidak simetris lagi sehingga kita menambahkan bantuan tiang untuk menekan disk parabola, yang bertujuan untuk menekan lingkaran disk parabola agar simetris sesuai diameternya, sehingga penangkapan signal bisa maksimal dan bisa membantu  perbaikan siaran parabola yang tidak mau sincron atau menyatu antar palapa dan telkom.

Caranya ambil kayu kemudian tongkakkan pada sisi disk parabola, baik timur /utara/barat/selatan perlahan-lahan sambil melihat pada layar tivi itensitas signal ANTV naik apa turun signalnya.  mudahkan semoga bermanfaat. masih belum jadi lagi ok, kita kasih tips yang terakhir

panggilkan pembeli besi tua timbang uangnya buat beli tambah parabola baru wkwkwk.

semoga artikel diatas bermanfaat bagi para pengunjung informatika jangan lupa ya baca juga artikel-artikel seputaran parabola di blog yang sederhana ini terimakasih telah berkunjung diblog yang sangat sederhana ini terimakasih.



Source link

Leave a Comment