cara memperbaiki sinyal global tv yang lemah dan sering hilang


sekarang ini marak bagi pengguna parabola yang sering komplain masalah sinyal, lemah apalgi sekarang banyak yang menggunakan televisi berlanggan seperti contohnya orange tv, dan masih banyak lagi tv berbayar lainya, yang menjadi pertanyaan adalah kenapa jika kita menggunakan siaran berbayar pasti kualitas sinyal terjamin kalau menggunakan yang gratisan pasti terpuruk hehehe, biasa lah ujung-ujungya pasti uang, dan uang lagi yang menjadi kendala faktor utama.

untuk mengatasi masalah sinyal sinyal global tv yang lemah dan sering hilang kita harus mengetahui penyebabnya terleih dahulu jangan asal tracking satu malam suntut hasilnya tetap nihil,alias gaplok. kebanyakan yang mengeluh sinyal parabola yang lemah adalah parabola yang sudah lama kalau baru pasti laju sinyalnya.

Baca Juga : cara memperbaiki Sinyal channel parabola yang hilang/lemah

parabola yang sudah lama memang akan memunculkan hal-hal seperti sinyal yang lemah/ atau apalah…? jelas sekali karena barang yang kita pakek terus menerus suatu saat pasti ada componennya kualitas yang menurun jadi barang kalau sudah lama kita gunakan ya memang harus di perhatika dijaga serta di rawat agar kualitasnya terjaga. tidak perlu panjang lebar untuk memperbaiki sinyal global tv yang lemah dan sering hilang maka harus di perhatikan hal-hal sebagai berikut. hal-hal iniyang biasa kurang di perhatikan oleh kita semua dalam mengatasi /service pemancar para bola

  • cabel antena > periksa masih fungsi tidak
  • Tracking posisi > sudah tepat belum
  • Pemasangan LNB sudah bener belum 
  • penempatan parabola > terhalang tidak
  • Code siaran > sudah tepat belum
  • suit parabola > masih fungsi tidak
  • receiver parabola > masih normal atau sudah lemah
  • disk parabola > masih bagus tidak/layak tidak untuk sinyal
  • LNB Para bola > masih fungsi tidak

faktor faktor tersebut merupakan faktor terpenting yang harus di perhatikan sebelum anda melakukan perbaikan pada sinyal dan kualitas para bola jadi ketika salah satu bermasalah maka akan mempengaruhi masuknya sinyal siaran di telivisi anda. jika faktor faktor datas normal saya jamin sinyal juga pasti akan normal.

Disk parabola menjadi point pertama dalam kasus ini , karena kebiasaanya kasus sinyal terjadi pasti disk sudah karat, lumut, bayak lubang, peot/tidak simetis lingkarannya jadi sebelum anda melakukan tracking tuntaskan masalah yang ada pada diskh para bola. caranya cucilah dan sikatlah disk anda bila perlu pakek deterjen agar terhindar dari karat dan lumut, periksalah disk anda jika disk anda menggunakan jaring periksalah ada jaring-jaring yang robek tidak atau jaring yang putus tidak terhubung dengan komponennya, jika iya anda harus meperbaikinya menyambungkan kembali jaring yang putus, jika disk parabola anda menggunakan plat almunium pada bagian jaringnya, maka solusinya sama seperti diatas di bersihkan bila perlu chat denga warna yang terang contoh putih /silver.

jika anda menggunakan parabola jenis
jaring pastikan jaring tidak ada yang putus dan bergelembung karena pada
beberapa kasus yang sering terjadi jaring yang bergelembung/berlumut
dan berkarat sinyal akan turun menjadi  18-24 %, untuk siaran indosiar
dan sctv jadi cara merepairnya antena parabola menggunakan jaring anda
bisa mencucinya dan menyikatnya agar parabola bersih dari lumut,
kemudian jika berkarat jaring parabolanya bersihkan karat menggunakan 
amplas, kemudian chat dengan warna yang agak terang. jika jaring
bergelembung maka perbaiki gelembung parabola tersebut dengan
menggunakan benda tumpul dan ratakan agar sejajar dengan pangkuan
jaring2 tersebut, intinya jangan sampai jaring bergelembung. kalau hal
tersebut sudah dilakukan maka saya yakin sinyal parabola anda akan
normal dan sctv dan indosiar akan sangat mudah di dapat kembali.
begitupu jika anda menggunakan lingkaran parabola yang model plat
almunium.

penting lagi untuk disk parabola tidak boleh ada yang peot atau lingkarannya tidak simetris bulat/juga posisi payung para bola antara sisi kanan dan kiri berbeda tidak rata contohnya payung bagian kanan rata dan yang kiri agak turun atau naik itu akan mempengaruhi sekali, kualitas penangkapan sinyal, jadi harus simetris bener ya selaykanya diskh baru yang minimal 90 % mirip diskh baru simetrisnya dah oke lah untuk penangkapan sinyal yang maksimal perhatikan baut baut para bola ada yang longgar atau tidak jika ada seuaikan kencangkan sesuai mestinya.

teslah kabel antena anda caranya pinjam atau beli kabel antena jangan panjang-panjang 2 meter aja atau secukupnya dan bandingkan dengan kabel antena yang lama penangkapan sinyalnya. karena pengalaman admin sendiri ketika membantu tetangga punya para bola yang lumayan cukup umur kendalanya tidak mendapat siaran indosiar dan sctv siaran lainnya dapat dan admin ganti kabel saja langsung deh siaran muncul semua mudahkan.

ini kebiasaan terjadi pada pada usia receiver yang sudah tua misalnya sudah berumur diatas 2 tahun maka perlu ditest di pinjamkan receiver lain untuk mengankap siaran/ buka berarti siaran/ receiver baru tidak ada gangguan tetapi leih baiknya ditest aja mau receiver baru atau lama,  tetapi untuk receiver baru biasanya tangkap sinyal maksimal bisa nyampe 70 %. sedangkan yang lama sangat minimal bisa cma 40 % penangkapan sinyalnya.

posisi pasang LNB ingat untuk palapa LNB 1 menghadap barat dan telkom menghadap timur ada yang sedikit melenceng keselatan. tergantung posisi parabola intinya LNB Telkom ngikut dari LNB palapa.penting untuk memasang LNB semakin besar parabola yang di gunakan maka semakin jauh juga jarak antara LNB palapa dan telkom misalnya contoh untuk para bola ukuran 8 feet jaraknya (2.4 cm ) atau biasa di ukur jari 4 jari, dan juga pasangan standarnya 34-42, jadi biasa di pasang pada angka 40 saja pada umumnya. jadi angka tersebut biasa terletak pada lubang bracket di LNB. dan posisikan angka 0 derajat antara lnb palapa dan telkom saling sejajar lurus. contoh gambar

setelah langkah semua diatas terlaksana maka ini langkah terakhir sambil ngisab rokok, pastikan chanel global TV benar Trans : dan simbol ratenya kemudian hidupkan televisi bagian chanel Global TV dan klik info sinyal tinggal geser sedikit naik turunya dan juga kanan kirinya insya Allah dijamin mak nyos.

update baru masalah seputaran globaltv, kemarin ada yang bertanya kepada admin kenapa pada receiver saya muncul sinyal tinggi tetapi tidak muncul gambar /tampilan pada layar televisi terlihat hitam apa yang salah dengan parabola milik saya kata tetangga admin yang menanyakan kepada admin, ternyata setelah admin cek global tv telah merubah kode siaran audio PCR dan vidio PCR berubah jadi untuk para pengguna yang mempunyai masalah yang sama seperti tetangga admin anda bisa merubah dan mengecek kembali param siaran globa TV anda pastikan sesuai dengan info dibawah ini jika belum sama segera dirubah ya. agar anda bisa menikmati siaran global TV tersayang anda

UPDATE TERBARU
PARAM SIARAN GLOBAL TV BARU

LNB             : Palapa D.

trans Freq     : 4188

Simbol Rate : 8790

polaritas       : V

Video PID    :1211

Audio PID    : 1221

PCR PID      : 1321

semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya  makasih. jangan lupa ya baca juga memperbaiki siaran MNCTV yang hilang gambar/gambar gelap



Source link

Leave a Comment