metode metode mencegah terjadinya kerugian dalam bisnis


Tujuan bisnis menggunaka metode adalah untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan mencegah hal-hal yang tidak di inginkan dalam berbisnis. dalam bisnis sebuah metode sangatlah di perlukan jadi jika dalam bisnis kita salah menanamkan sebuah metode berbisnis maka bisnis tersebut akan susah sekali untuk maju dan lebih rentan terjadi kegagalan bisnis.

berbicara masalah bisnis banyak sekali orang yang menjalankan bisnis baik dari kalangan kecil hingga kalangan besar, bisnis menjadi mata pencaharian manusia yang baik dan menjanjikan, tidak sedikit orang sukses dengan berbisnis jika bisa di perkirakan dengan presentase maka 70 % orang berhasil dalam melakukan bisnis dan kegalgalan hanya berskisar hingga 30 %.

Bca juga :  tehnik-tehnik berbisnis agar selalu berhasil

tujuan seseorang menjalankan seuah bisnis adalah untuk sukses, dari mulai bisnis kecil-kecilan sampai menjadi bisnis besar,tetapi untuk mendapatkan semua itu tidaklah semudah kita membalikan sebuah telapak tangan di perlukan kerja keras dan belajar untuk metode-metode berbisnis yang sukses.

untuk itu bagi pengunjung yang ingin berbinis sukses dan  mengerti metode metode mencegah terjadinya kerugian dalam bisnis dapat disimak pada tautan berikut ini.

Perencanaan Awal Usaha

Perencanaan mulai usaha bisnis yang dimaksut adalah,  kita harus memikiran usaha apa yang kiranya cocok dan kurang daya saing di tempat kita, dan memiliki daya saing yang rendah, serta dispekulasi dengan manjemen keuangan kita bisa mumpuni. hal ini sangat penting untuk diperhatikan dalam anda memulai jenis usaha. jangan membuka jenis usaha yang memiliki daya saing tinggi jika anda memiliki modal yang masih minim, karena usaha kita tidak akan pernah berkembang besar dikarenakan kita tidak mungkin bisa menyaingi orang yang telah mempunyai dana besar.

 

Contoh kecil ya anda merencanakan usaha bisnis membuka counter pulsa dan perdana, maka anda harus melihat sudah berapa banyak counter pulsa yang ada dalam wilayah anda, jumlah pengguna/sasaran konsumen pembeli berapa banyak/tempat lokasi penjualan mendukung atau tidak /mampu memiliki daya saing. semua itu harus diperhitungkan supaya rencana usaha anda kedepan sukses. 

 

misalkan kita spekulasi hasil perencanaa usaha bisnis counter pulsa atau perdana   

sasaran konsumen diwilayah tersebut 1000 jiwa, 

counter aktif yang sudah ada 10, 

jika kita ambil kesimpulan kuran ebihnya 1 conternya, mendapat 100, jiwa pelanggan

dengan akumulasi pembelian pulsa 6 hari 1 kali. 

untuk keuntungan penjualan pulsa perkapita kita rata-ratakan Rp. 3.000

jadi 1 counter dalam 1 bulan mendapatkan 500 kapital penjualana 500 x 3.000

jadi keuntungan perbulan yang didapat hanya Rp. 1.500.000

jadi tujuan kita membuat perencanaan adalah seperti point diatas, sudah cukupkah uang 1.500.000 untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, jika dirasa belum cukup apakah kita akan menjalaninya, atau kah kita bisa merombaknya untuk penambahan bisnis hal-hal lain ditempat tersebut ataukah kita bisa menyimpulkan usaha ini tidak cocok dengan keuangan kita.

Tempat Usaha
tempat juga menjadi penentu keberhasilan orang untuk bisnis/usaha, karena tempat yang strategis misalnya, tempat didekat pasar, didekat jalan lintas poros, memiliki kelebihan lebih mudah dicari, lebih mudah dikenali, dan lebih banyak orang berlalu lintas sehingga tempat tersebut memiliki letak yang strategis dalam marketting pemasaran.

yang jadi permasalahan apakah tempat yang jauh dari sentral pasar dan dari pusat keramain tidak bisa buat usaha ? bisa saja tetapi anda harus lebih pintal dan bijak dalam memuat dunia marketiing didalamnya, berbeda dengan tanah yang dalam pusat keramaian.

jadi jika anda memulai usaha tempat juga harus anda fikirkan apalagi usaha anda, berbentuk ofline dengan mengandalkan tingkat pemasaran setempat, keunggulan tempat usaha juga mempunyai pengaruh dalam marketting keberhasilan.

 

Contoh kecil anda buka usaha konter pulsa di pedalamanan anda akan mendapat pembeli ya cuma sekitaran samping kiri dirumah anda, etapi jika anda buka konter pulsa diekat central pasar maka anda akan mendapat pembeli dari semua wilayah anda.

Pemasaran Dan Pelayanan konsumen


Pemasaran  dan pelayanan konsumen juga menjadi prioritas untuk di jalankan dalam menjalankan sebuah usaha bisnis. dengan pelayanan yang memuaskan maka akan menjadi nilai plus  untuk toko anda, dan tak bosan-bosanya untuk para konsumen untuk kembali lagi menuju toko anda/tempat usaha anda.

contoh kecil anda punya penjaga toko yang punya sikap, juteg, acuh, sombong, apalagi suka menghina dan nyinyir pelanggan yang kurang paham, pastinya satu kali aja pembeli tersebut akan datang ketempat anda walaupun anda discond barang. karena pelayanan konsumen harus memuaskan.

sedangkan untuk metode pemasaran saya sarankan anda menggunakan metode Ofline dan metode Online. tehnik pemasaran online anda bisa memasarkan produk anda menggunakan
media sosial misalnya facebook, twiter Washap dan lain sebagainya bisa
dilakukan secarra Live, dan juga bisa dipromo secara dor to dor, semakin
sering anda promosikan maka semakin banyak orang akan tahu. dan
mengerti bahwa anda penjual produk tersebut. terutama prioritaskan untuk
wilayah anda sendiri jika anda sudah menjadi pengusaha yang besar barulah
anda tawarkan antar wilayah. sedangkan untk oflinenya sendiri  bisa anda bisa menggunakan toko.

Manajemen Sistem

manajemen sistem sangat penting dipergunakan dalam menentukan keberhasilan Usaha karena admin yakin, orang yang usaha tanpa sebuah metode manajemen sistem, baik manajemen keuangan, dan manajemen pengelolaan usaha tidak akan berhasil, dan sukses besar dalam menjalankan sebuah usaha.

manajemen sistem yang dimaksut adalah bagaimana kita bisa menyeting sebuah usaha, dari mulai permodalan dan keuntungan serta pengeluaran serinci mungkin, karena teknik keberhasilan  usaha terletak dalam manajemenya,jika manajemennya baik pastu usaha tersebut akan baik pula.

Baca juga :  cara mengembangkan bisnis menjadi besar dalam waktu yang singkat

Contoh Kecil : Usaha Ponsel Baru (manjemen sistemnya adalah 🙂

  • Modal Awal yang diperlukan  = Rp.49.000.000
  • 1 bulan pembelian produk ponsel baru kepabrik  3 kali , dengan ongkos pembelian produk sealama 1 bulan = 1.000.000
  • harga sewa tempat 500.000 1 bulan
  • harga sewa penjaga 2.500.000 1bulan
  • biaya hidup keluarga 4.000.000 1 bulan
  • harga modal Ponsel 1 juta
  • ponsel 1 bulan laku kurang lebih 120 biji. selama 1 bulan
  • keuntungan 10 % = 100.000
  • biaya lain-lain 1.000.000
  • jadi bisa dispekulasi pengeluaran 1 bulan = Rp.9000.000
  • hasil atau pemasukan selama 1 bulan = 12.000.000
  • jadi hasil bersih semua yang kita dapatkan selama 1 bulan adalah : Rp.3.000.000 dari usaha bisnis ponsel baru yang bisa kita tabung atau penamabahan untuk modal kembali.

demikian ulasan mengenai  metode metode mencegah terjadinya kerugian dalam bisnis, semoga bermanfaat bagi para pengunjung semua yang sedang mencoba untuk membuka usaha bisnis. jangan lupa baca tips-tips menarik lainya dari blog yang sederhana ini terimakasih.



Source link

Leave a Comment